Selasa, 01 November 2016

Lima Tempat Terdingin dan Terpanas di Dunia

Ditulis oleh Suastana   
Kamis, 10 Januari 2013 00:42

alt
Death Valley, California (Robyn Beck/AFP/Getty Images)
Terpanas
1) Al'Aziziyah, Libya
Al'Aziziyah, terletak di Barat Laut Libya, merupakan salah satu tempat terpanas yang dihuni di Bumi. Pada 13 September 1922, suhu setinggi 57,8 derajat Celcius (136,04 Fahrenheit) tercatat di Al'Aziziyah.
2) Death Valley, California
Nama dari tempat itu mengatakan semuanya. Terletak di bagian tenggara California, Death Valley adalah tempat terpanas, paling kering, dan terendah di Amerika Utara. Suhu terpanas tercatat di Death Valley adalah 56,7 derajat Celcius (134.06 Fahrenheit). Meskipun Death Valley sangat panas pada siang hari, pada malam hari suhu sering turun di bawah titik beku.
3) Ghudamis, Libya
Libya adalah tempat yang panas, Ghudamis adalah sebuah kota oasis di barat Libya. Suhu tertinggi yang tercatat di Ghudamis adalah 55 derajat Celsius (131 Fahrenheit). Orang membangun rumah mereka dari batang pohon palem, dan lumpur tanpa kapur untuk bertahan hidup dari panas ekstrim dan badai pasir.
4) Kebili, Tunisia
Kebili juga merupakan kota oasis yang terletak di pusat kota Tunisia, Afrika. Kota ini dianggap sebagai tempat terpanas keempat di dunia dengan hari terpanas yang pernah tercatat 55 derajat Celcius. Kebili juga dikenal untuk biji-bijian yang sangat baik, dilaporkan beberapa biji-bijian merupakan kualitas terbaik di dunia.
5) Timbuktu, Mali
Timbuktu terletak di Afrika Barat di Mali. Ini adalah salah satu tempat paling terkenal di Afrika. Suhu bisa mencapai setinggi 54,5 derajat Celsius (130 Fahrenheit). Timbuktu adalah pusat ilmu pengetahuan kunci penting dalam penyebaran Islam di Afrika. Ada tiga masjid terkenal di Djinguereber, Sidi Yahya, dan Sankore di Timbuktu dan salah satu koleksi naskah kuno terbesar dunia.
Terdingin
1) Vostok Station, Antartika
Vostok Station di Antartika merupakan salah satu tempat terdingin di Bumi. Stasiun penelitian Rusia dimana suhu terendah tercatat diambil pada -89,2 derajat Celcius (-128,56 Fahrenheit). Antartika tidak hanya tempat paling dingin tetapi juga berangin dan memiliki ketinggian keseluruhan tertinggi benua mana pun di dunia. Terlepas dari kenyataan bahwa Antartika terdiri dari  90 persen es di dunia, hampir tidak ada hujan, sehingga secara teknis gurun.
2) Oymyakon, Russia
Semua orang tahu Rusia dingin. Oymyakon, Rusia adalah tempat terdingin yang dihuni di dunia. Suhu terendah tercatat ada -71.2 derajat Celcius (-96,16 Fahrenheit). Kota kecil ini memiliki penduduk sekitar 500 orang. Meskipun di sana sangat dingin di musim dingin, orang masih terus menjalani kehidupan mereka dan anak-anak bersekolah, kecuali suhu lebih rendah dari -52 derajat Celsius (-61,6 Fahrenheit). Kadang-kadang menjadi terlalu dingin di malam hari sehingga burung-burung membeku.
3) Verkhoyansk, Russia
Kota sangat dingin lain di Rusia, Verkhoyansk, memiliki populasi sekitar 1.400 jiwa. Suhu terendah yang pernah tercatat pada -69,8 derajat Celcius (-93,64 Fahrenheit). Antara tahun 1860-an dan awal abad 20 Verkhoyansk digunakan untuk rumah pengasingan politik.
4) North Ice, Greenland
Dalam daftar kami, Greenland memegang posisi keempat untuk tempat terdingin di Bumi.Juga merupakan wilayah paling dingin di belahan bumi Barat. Suhu terendah yang tercatat di North Ice adalah -66 derajat Celcius (-86,8 F.). NorthIce adalah stasiun penelitian Inggris yang terletak di tengah-tengah lapisan es Greenland.
5) Snag, Yukon, Kanada
Snag terletak di Wilayah Yukon di Kanada. Ini adalah tempat paling dingin di benua Amerika Utara. Suhu terendah tercatat di Snag adalah -63 derajat Celcius (-81,4 F). Snag menjadi dingin karena pegunungan memblokir udara hangat dari Samudra Pasifik. Udara dingin dari pegunungan menemukan jalannya ke Snag. Karena karakteristik khusus geografisnya, anda dapat mendengar orang-orang dari bermil-mil jauhnya ketika keluar dari pintu di Snag. (Epoch Times/dia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar