Selasa, 08 Januari 2013

Asteroid, Komet, Meteor, Meteoroid, Meteorit, Dan Planet Minor. Apa Bedanya Ya?

Beberapa hari yang lalu saya menulis tentang hujan meteor. Ternyata aku baru tahu juga bahwa hujan meteor itu tidak hanya bersumber dari komet, seperti anggapanku sebelumnya. Asteroid dan planet minor merupakan sumber dari meteor juga. Oleh karena itu, saya tertarik untuk mempelajari tentang benda-benda langit ini.
Sebenarnya kemarin aku belum tau pasti perbedaan antara asteroid, komet, dan planet minor itu. Karena sudah menulis akhirnya aku ingin tahu lebih khusus perbedaan antara mereka. Itulah efeknya menulis jadi ingin tahu terus. Masalahnya lucu juga sih ya, jika apa yang kita tulis kita saja belum begitu paham perbedaannya.
Setelah aku secing (searching) di google aku malah mendapatkan informasi lebih dari itu.  Aku mendapatkan enam istilah malahan, yaitu asteroid, komet, meteor, meteoroid, meteorit, dan planet minor.  Setelah memahami maka langkah selanjutnya adalah syering (sharing) kepada teman-teman semua. Siapa tahu ada yang belum paham tentang enam benda langit ini.
Asteroid dan Komet (Asteroid and Comet)
Asteroid adalah sebuah benda langit yang relatif kecil dan tidak aktif. Struktur badannya tersusun dari batu, karbon, dan logam. Sama seperti benda langit lain, dia juga mengorbit matahari.
Terus bagaimana dengan komet, nah komet itu adalah sebuah benda langit yang relatif kecil dan kadang-kadang aktif. Struktur badannya tersusun oleh debu dan es. Ketika dekat dengan matahari dia akan kelihatan mempunyai ekor yang terbentuk dari gas dan debu. Fenomena ekor pada komet ini terjadi karena radiasi dan angin dari matahari terhadap inti komet tersebut. Oleh karena itu, ketika komet sedang berada dekat matahari maka dia akan mengeluarkan ekor sedangkan pada posisi jauh dari matahari tidak mengeluarkan ekor. Sehingga pada posisi jauh dari matahari maka sangat sulit untuk membedakan antara komet dan asteroid, karena sama-sama tidak mempunyai ekor.
(Komet Hale Bopp dengan ekornya, terlihat pada 29 Maret 1997 di Pazin, Kroasia. Sumber: http://en.wikipedia.org)
Perlu diketahui juga bahwa jika komet yang sudah lama mengorbit matahari maka lama-kelamaan material yang membentuk ekor seperti gas dan debu akan habis atau menguap. Sehingga komet itu akan menyerupai asteroid. Komet yang semacam ini dinamakan komet punah (extinct comet).
Berbeda dengan komet, asteroid diperkirakan lebih banyak berasal dari sebelah dalam orbit Jupiter ketimbang dari sebelah luar (outer solar system).
Maksud dari outer solar system adalah sistem tatasurya yang berada setelah orbit planet Jupiter, sedangkan inner solar system berada  sebelah dalam orbit Jupiter. Sehingga planet yang terletak sebelah dalam orbit Jupiter dikatakan inner planet (planet dalam) dan yang berada sebelah luar dikatakan outer planet (planet luar).
(Mercury, Venus, Earth, dan Mars adalah inner planet, sedangkan Saturnus, Uranus, Neptune adalah outer planet. Sumber: http://en.wikipedia.org)
Jadi kesimpulannya, perbedaan yang mencolok antara komet dan asteroid itu untuk sementara adalah pada ekornya. Kalau komet punya ekor sedangkan asteroid tidak punya ekor. Soalnya menurut penelusuranku di google ternyata belum begitu jelas juga perbedaan antara komet dan asteroid selain pada ekornya. Tambahan lagi kalau komet sudah punah nanti juga tidak punya ekor lagi. Terus namanya jadi apa ya?. Namanya adalah komet punah (extinct comet). :-)
Meteoroid, Meteor, dan Meteorit (Meteoroid, Meteor, and Meteorite)
Meteoroid adalah Sebuah benda padat yang berada/bergerak dalam ruang antarplanet, dengan ukuran lebih kecil daripada asteroid dan lebih besar daripada sebuah atom atau molekul. Meteoroid ini berasal dari reruntuhan komet dan asteroid yang mengorbit matahari. Kadang-kadang ada juga meteoroid yang berasal dari benda langit yang lain, seperti planet-planet dan bahkan bulan.
Sebuah meteoroid yang masuk ke atmosfir bumi yang mengakibatkan dia panas dan bercahaya disebut dengan “meteor”. Meteor disebut juga dengan bintang jatuh. Sedangkan meteoroid yang mampu mencapai dan menabrak tanah di permukaan bumi disebut dengan “meteorit”.
Jadi sudah jelas sekarang. Reruntuhan asteroid dan komet dikatakan Meteoroid, kalau sudah memasuki atmosfir bumi dan terlihat bercahaya maka disebut meteor, dan jika mampu sampai dan menabrak permukaan tanah disebut dengan meteorit. :-)
Planet Minor (Minor Planet)
Planet minor adalah benda langit yang berada pada orbit mengililingi matahari yang bukan planet dan komet. Dari definisi ini berarti asteroid adalah termasuk planet minor. Planet minor yang pertama ditemukan adalah Ceres, pada tahun 1801. Ceres ini juga dikenal dengan asteroid yang paling besar. Ceres ini disebut juga planet kerdil (dwarf planet), dan dapat juga disebutkan sebagai asteroid. Jadi istilah planet minor lebih umum yang termasuk asteroid di dalamnya.
Yah, kira-kira ini ya perbedaannya. Semoga bermanfaat. :-)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar